Selasa, 24 Oktober 2017

5 Tips yang Wajib Kalian Siapkan Sebelum KKN (Kuliah Kerja Nyata)



Bismillah..
Assalamu'alaikum 😊

Hay guys. Setelah sekian lama gak update diblog ini, memang jarang update sih haha. Tulisan ini dikhususkan bagi kalian yang udah gak sabar atau lagi deg-degan menyambut masa KKN dan tips-tips yang bakalan aku kasih itu berasal dari pengalaman-pengalaman ku selama KKN.

Setiap mahasiswa akan merasakan yang namanya masa Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengabdian mereka terhadap masyarakat, walaupun gak sedikit juga kegiatan kampus lainnya yang berbau pengabdian sih. Cerita pengalaman KKN ku bakalan aku selipin di setiap tips ya, my lovely reader. So, let’s check it out



1. Pilih Jenis KKN yang Sesuai dengan Kamu
Pemilihan jenis KKN ini penting karena ini penentu lokasi kalian ber-KKN. Pemilihan ini juga bisa disesuiakan dengan jurusan kuliah atau pasion kalian. Di kampus ku, kita bisa milih mau reguler atau tematik. Dan waktu pemilihan aku pilih KKN Tematik Desa Sejahtera Mandiri yang lokasinya di Bantaeng. Kalau mau diliat dari jurusan kuliah sih kurang sesuai yah hehe. Aku dari jurusan kesehatan, dan ada juga ada jenis KKN tematik profesi. Tapi aku gak pilih karena dari awal memang mau banget KKN di Bantaeng dan pas ada pilihan lokasi KKN disitu, selain itu ya mau memperluas relasi juga biar temannya gak melulu anak kesehatan. 


2. Ikut Pembekalan
Pembekalan itu penting banget sebagai bentuk pengenalan buat kalian yang akan menghadapai masa KKN. Kalian bisa aja udah denger cerita dari senior-senior tentang masa KKN mereka, tapi kalian wajib ikut pembekalan dari kampus biar kalian bisa dapat informasi yang lebih jelas dan up to date. 


3. Persiapan Fisik dan Mental
Persiapan fisik dan mental ini bisa kalian sesuain dengan lokasi KKN yang dipilih. Kenapa harus ada persiapan fisik? Karena kita bisa saja ditempatkan di lokasi KKN yang sulit akses kesehatannya atau dengan kondisi cuaca yang sering berubah. Jadi kalian harus yakinkan ke diri kalian kalo kalian selalu sehat. Next, kenapa juga harus persiapan mental? Karena kalian akan banyak bertemu dengan orang-orang baru. Yang paling terdekat sih orang-orang di posko, terus warga desa, aparat desa, dan lain-lain. Kalian harus bisa belajar beradaptasi secepat mungkin biar masa KKN kalian gak tersiksa. Kan lucu kalo kalian harus cekcok sama teman seposko yang notabene teman serumah, atau bahkan teman sekamar. Persiapan mental juga perlu, kalau kalau lokasi KKN yang kalian pilih itu area susah jaringan. Kudu sabar nahan rindu heuheuu
Aku milih KKN di Bantaeng karena disitu lokasinya Cuma dua jenis, pantai dan gunung. Karena aku anaknya suka ngebolang, jadi aku berharap bisa dapat lokasi di gunung. Dan Alhamdulillah, lokasinya sesuai. Gunung dan banyak bunga hehe.



4. Bawa Barang yang Sesuai Kebutuhan
Ingat ya, sesuai kebutuhan bukan keinginan. Kenapa? Karena kalian yang akan susah sendiri kalo barang bawaan terlalu banyak. Saran, untuk pakaian kalian simpan dalam koper biar lebih rapi. Biar gak pusing mau bawa apa aja, kalian wajib buat list. Biar barang yang dibawa bisa terkontrol jumlahnya, dan buat jaga-jaga kali aja nanti ada yang kelupaan atau hilang. Jangan terlalu banyak bawa pakaian. Kalian bisa nyuci diposko. Ini juga bisa jadi ajang belajar hidup mandiri buat kalian yang belum pernah pisah sama orangtua. Kalau aku sih anak kosan, jadi sudah terbiasa. Ingat juga bawa perlengkapan khusus kalian, seperti obat-obatan, perlengkapan mandi. Obat-obatan kalau kalian punya penyakit tertentu. Perlengkapan mandi khusus buat kalian yang mungkin kulitnya sensitif. Kalo normal-normal aja, aman, kalian bisa minta sabun mandi teman seposko hehe.
Pengalaman sih kalo awal-awal kan persediaan masih banyak jadi pake sabun masing-masing, tapi pas akhir-akhir pokoknya terserah mau pake sabun punya siapa yang penting mandi hahaha.



5. Siapkan Uang Tunai

Ini penting banget kalau lokasi kalian cukup jauh dari mesin ATM. Umumnya yang perlu pembiayaan selama KKN adalah tempat tinggal atau posko (gak semua posko harus bayar sih, tapi perlu disiapkan juga untuk beli kenang-kenangan untuk posko dan tuan rumah 😁), biaya makan, dan kegiatan KKN seperti seminar. Masalah jumlahnya bisa kalian bicarakan bersama dengan teman posko sebelum berangkat.
Karena kalian mungkin akan membawa uang tunai yang cukup banyak, jadi harus pintar atur penyimpanan dan penggunaannya. Jangan simpan uang hanya disatu tempat. Pisahkan uang berdasarkan tujuan penggunaannya. Pastikan kalian ingat tempat penyimpanannya dan satu lagi, cukup kalian dan Allah aja yang tau hehee.



Itu semua yang wajib kalian persiapkan ya guys, yang sunnah silahkan tambahkan sendiri hehhe, intinya jangan sampai merepotkan diri sendiri lebih-lebih orang lain. Informasi tambahan buat kalian, jenis KKN di setiap universitas itu beda-beda ya jadi kalau mau tau tentang detailnya bisa langsung tanya ke bagian yang mengurus KKN atau kalian juga bisa tanya ke senior-senior yang sudah KKN.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, tunggu tulisan selanjutnya tentang hal-hal yang wajib dilakukan selama KKN.
Terima kasih sudah mampir 💜💜💜

Tidak ada komentar:

Posting Komentar